Mengenal Sistem Informasi Terintegrasi -->

Advertisement

Mengenal Sistem Informasi Terintegrasi

Monday, February 4, 2019

Sering disebut Enterprise Information System (SIE)

Pengertian: sebuah platform teknologi yang memungkinkan organisasi mengintegrasikan dan mengkoordinasikan proses bisnis yang mereka miliki.

Ciri :tingkat keterpaduan (integrasi) yang tinggi untuk mengakomodasi kebutuhan data/informasi yang terpadu pula


Mengapa Terintegrasi ?

Di Kantor Pemerintah
Seorang warga memerlukan layanan yang harus ditempuh dalam beberapa tahap (misal: Izin Pendirian Usaha), melalui beberapa bagian. Idealnya, warga dapat melacak sejauh mana proses layanannya sudah berjalan, tetapi pada umumnya jawaban yang didapat bersifat negatif (mis: tidak tahu sekarang prosesnya sedang berada di mana)

Di Toko
Seorang pelanggan memesan barang secara manual. Pesanan ini dicatat, kemudian diproses secara manual pula dari satu bagian ke bagian yang lain. Data pesanan dientry setiap kali berpindah ke bagian lain, menimbulkan problem antara lain adalah kesalahan entry data, atau bahkan hilang di tengah perjalanan. Sering kali pesanan ini tertunda pemenuhannya

Di Kampus
Mahasiswa harus mendaftar secara berulang-ulang dibeberapa sistem informasi untuk dapat mengakses Internet via proxy dan wifi di berbagai lokasi, mendapatkan akun email, akses Perpustakaan, akses e-learning, krs dll
Pimpinan Universitas ingin mengetahui secara cepat dan akurat informasi seperti saldo universitas per hari ini, piutang mahasiswa hari ini, jumlah lulusan S1 yang ber IPK > 3, Persentase sebaran asal calon Mahasiswa, Mahasiswa yang melewati masa studi, Staff/Karyawan yang berasal dari wilayah tertentu, dosen yang melanjutkan studi di daerah tertentu

Kebutuhan Integrasi :

Contoh-contoh sebelumnya menunjukkan bahwa tidak cukup hanya memiliki sistem-sistem informasi di bagian-bagian dari kantor atau perusahaan

Muncul jenis kebutuhan baru terhadap ketersediaan data/informasi
  • Terpadu
  • Berlaku di seluruh organisasi (kantor, perusahaan, dsb)