Strategi Mengejar Best Practice: Benchmarking
Benchmarking didefinisikan sebagai proses yang digunakan perusahaan untuk mengukur kinerjanya relatif terhadap kinerja perusahaan terbaik dalam industrinya, menentukan bagaimana mereka mencapai kinerja tersebut, dan menggunakan informasi ini untuk meningkatkan kinerjanya.
Biasanya proses ini merupakan bagian dari manajemen strategis untuk mengevaluasi berbagai aspek proses bisnis organisasi.
PROBLEMNYA adalah : dari banyak proses benchmarking, tidak banyak yang berhasil menangkap esensi dari keberhasilan sistem yang dipelajari.
Pada umumnya orang hanya dapat melihat yang kasat mata saja, tidak sampai menembus proses bisnis yang embedded dalam sistem.
Contoh : gagasan pengembangan sistem transportasi di negara kita yang masih babak belur. Padahal tidak kurang banyak contoh sistem yang berhasil di negara lain.
Contoh lain dapat ditemukan pada system layanan di sektor pemerintahan, sistem pendidikan dari level dasar sampai perguruan tinggi, sistem penanganan sampah, sistem penanggulangan bencana.
Jika dibandingkan, implementasi sistem-sistem tersebut di Indonesia dan negara yang sudah maju akan ditemui gap yang cukup besar.